VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Upacara Hardiknas 2018

Surakarta—Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Kampus Universitas Sahid Surakarta berlangsung khidmat, Rabu (02/05/2018). Acara tersebut dihadiri seluruh warga selingkungan Usahid Solo dan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Solo  mulai dari pejabat Usahid dan STP Sahid, senat, dosen, karyawan, dan mahasiswa yang menjadi petugas Upacara. Pembina Upacara yang yang bertugas Bapak Dr. Budi Purnomo, M.Hum selaku ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Solo.

Dalam sambutannya Dr. Budi Purnomo, M.Hum dengan membacakan isi surat dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional. Pesan tersebut pada intinya menjelaskan Bagi kita selaku pemangku kepentingan utama di bidang pendidikan, tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat penting, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional kita melalui pengembangan sumber daya manusia. Di dalam pengembangan sumber daya manusia itu sendiri, pendidikan, terlebih pendidikan tinggi, memegang peranan kunci. Dengan tidak melupakan jenis pendidikan non-formal dan informal, peranan pendidikan tinggi sebagai terminal akhir dalam jenjang pendidikan formal sejak sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, amatlah strategis 3 dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Mengapa demikian? Karena di dalam pendidikan tinggi terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan manusia Indonesia dan dunia. mengenai dampak aktifitas pendidik dalam pertumbuhan ekonomi di daerahnya. Selain itu perguruan tinggi dituntut untuk mendidik mahasiswa agar dapat mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, dan keahlian khusus dalam masyarakat. Memang jika mengacu pada Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17445/MPK.A/TU/2018, tema peringatan Hardiknas tahun 2018 adalah ”Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Kendati demikian, Kemenristekdikti berdasarkan tantangan yang tengah dihadapi pada era disrupsi ini, secara khusus mengangkat sub tema Hardiknas tahun 2018 ”Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Dalam peringatan hari pendidikan nasional diselingi pembacaan juara Lomba Indahnya Kelasku yang diselenggarakan oleh Usahid Solo yang diikuti oleh semua SMA/SMK se Solo Raya dan sekitarnya. Dalam Lomba ini yang menjadi Pemenang I adalah SMAN 1 Polokarto, Pemenang II adalah SMK Bhakti Karya Karangnayar, dan Pemenang III adalah SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. Pemberian Hadiah diberikan Langsung oleh Rektor Usahid Solo Prof. Dr. Trisno Martono, MM. Usahid Solo juga mengucapkan terima kasih kepada penerima hadiah atas keikutsertaan dalam Lomba Indahnya Kelasku. (Erna Indria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *