VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Seminar softskill ”Mencetak Wirausaha Muda Mandiri”

Pada hari Kamis, 12 April 2018 Universitas Sahid Surakarta menyelenggarakan seminar softskill” Mencetak Wirausaha Muda Mandiri”.  Pada jam 09.00 sampai dengan 12.00 DI Graha Sarjana Universitas Sahid Surakarta” Kegiatan ini  merupakan bagian dari salah satu  tahapan penelitian antar Perguruan Tinggi/PKPT ”Kajian Model Pengembangan Mahasiswa Wirausaha Untuk Meningkatkan Jumlah Wirausaha Baru di Universitas Sahid Surakarta” Penelitian Kerjasama antara Universitas Sahid Surakarta dengan Universitas Sebelas Maret(UNS) yang di danai DRPM Ristekdikti Tahun 2018. Ketua peneliti Rusnandari Retno Cahyani, SE., M.Si dan Destina Paningrum, SE., MM dari Program Studi Administrasi Bisnis,  dalam kegiatan seminar Rusnandari sebagai moderator dan Destina Paningrum sebagai ketua panitia seminar softskills. Seminar ini dengan sambutan pertama dari Ketua panitia Destina Paningrum, SE., MM, dan sambutan ke 2 oleh LPPM USAHID Ibu Evelyne henny lukitasari, S.Sn, M.Sn dan seminar di buka oleh bapak Wakil Rektor 1 Bapak Dr. M. Harissudin, M.Si.

Kegiatan seminar  softskills  dengan 2 Pembicara, sesi pertama dengan tema “Wirausaha Baru dan Survival dalam Usaha” oleh Dr. Edi Kurniadi, M.Pd. Beliau menyampaikan ada 6 Survival yaitu Pertama Memiliki lokasi yang strategis dan  memiliki potensi alam dan lingkungan yang mendukung; kedua, Mampu menyesuaikan diri sesuai dinamika sosial di internal perusahaan dan faktor eksternal yang berpengaruh, teknologi, kebijakan pemerintah, serta mampu beradaptasi dengan lima kukuatan persaingan; ketiga, Memiliki tujuan yang  jelas dan rasional dalam  membuat  batik yaitu  untuk tujuan ekonomi “bisa membuat batik harus bisa menjual, bisa menjual batik harus mendapatkan keuntungan; keempat, Mampu mengelola usaha, termasuk mengelola para pekerja/ perajin di setiap tahapan proses produksi agar bekerja  sesuai dengan tujuan perusahaan, kelima, Dilaksanakannya nilai budaya perusahaan sebagai kristalisasi pengalaman pendiri perusahaan dan diwariskannya nilai budaya perusahaan tersebut kepada penerusnya; keenam berlangsungnya regenerasi. Sedangkan sesi ke 2 oleh Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S denga tema”Pengembangan Diri Sosok Wirausaha Muda Mandiri”  menjelaskan tentang sofskill dan latihan (1) dengan audiensi mengenai idolaku dengan 3 komponen nama idola, atribut positif dan atribut negative;  (2) peserta  menuliskan atribut soft skills yang selalu mencul pada orang yang anda anggap sukses; latihan (3) test “Who Am I”; latihan (4) identifikasi potensi diri dan pengembangan diri ; Dari seminar sesi dua ini lebih banyak praktik atau latihan dan interaksi dengan peserta. Dengan dipandu oleh moderator seminar Rusnandari Retno Cahyani, SE., M.Si.

Seminar ini di hadiri  Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta dengan  peserta  yang hadir 225 mahasiswa. Dari kegiatan seminar ini selanjutnya ada tahapan pengumpulan proposal, wawancara dan seleksi pada tanggal 26-27 April 2018. Sedangkan,  pengumuman pemenang atau mahasiswa individu atau kelompok yang di danai akan diumumkan pada tanggal 28 April 2018 di website http://iab.usahidsolo.ac.id/download/ . Pada hari senin tanggal 01 Mei 2018 dengan agenda pencairan dana Program Mahasiswa Wirausaha Usahid 2018. Kegiatan ini mendukung Visi Universitas Sahid Surakarta yang berjiwa kewirausahan tidak hanya dari hardskill tetapi didukung dengan softskill. Harapannya mampu mecetak wirausaha-wirausaha muda mandiri dan tetap survive dalam menjalankan bisnis. (R.R.C)

One Response to Seminar softskill ”Mencetak Wirausaha Muda Mandiri”

  1. lutfia berkata:

    apa diuniversitas sahid buka kelas transfer s-1 farmasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *