VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI MENGADAKAN TRAINING PUBLIC SPEAKING

Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi mengadakan pelatihan public speaking bertajuk “Training Public Speaking: Bagi Mahasiswa Teknik Untuk Menghadapi Dunia Kerja”, pada Selasa, 22 Mei 2018 di Aula Graha Sarjana Kampus Usahid Solo dan diikuti oleh mahasiswa aktif dari Program Studi Teknik Industri dan Teknik Informatika. Narasumber dalam training ini adalah Rosanah, S.S., M.I.Kom., AMIPR selaku Akademisi Public Relations dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta.

Pembukaan acara ditandai dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang I Universitas Sahid Surakarta, Dr. Ir. Muhammad Harisudin., M.Si. Dalam sambutannya, Bapak Harisudin menyampaikan bahwa Training Public Relations ini merupakan kegiatan positif sebagai sarana pengembangan soft skills mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kesuksesan seseorang bukan hanya hard skill tetapi juga soft skills dengan presentase hard skills sebesar 20% dan soft skills 80%. Public Speaking merupakan ketrampiran soft skills yang harus dimiliki. Oleh karena itu, sejak saat ini mahasiswa teknik industri diharapkan melatih diri dalam forum interaksi di kelas maupun melalui organisasi kemahasiswaan guna mengembangkan keterampiran interpersonal ini.

Selaras dengan pemaparan di atas, Kepala Program Studi Teknik Industri, Anita Oktaviana Trisna Devi, ST., MT menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa teknik industri akan pentingnya keterampiran komunikasi interpersonal melalui public speaking. Selain itu juga, training ini bertujuan melatih mahasiswa Program Studi Teknik Industri agar terbiasa berkomunikasi di muka umum secara efektif dan percaya diri sebagai bekal penting dalam memasuki dunia kerja ke depannya.

Materi yang disampaikan Narasumber Rossa dalam training public speaking ini, dimulai dengan pemaparan mengenai The Power of Communication, Dasar-Dasar Public Speaking meliputi: Bagaimana Public Speaking yang efektif dan mengenal audiens serta Teknik-Teknik Public Speaking meliputi tips-tips Public Speaking Practise: teknik opening dan closing, teknik mengelola pernafasan dan intonasi suara, serta tips mengatasi grogi dan gugup dalam public speaking.

Kegiatan ini diikuti dengan semangat dan antusias oleh peserta training karena peserta dapat mempraktekkan secara langsung teknik dan tips praktis yang disampaikan. Acara ditutup dengan mengeksplor kesulitan dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa Teknik Industri dalam menerapkan public speaking. Selanjutnya, training ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap kesulitan dan kendala tersebut. (Rossa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *