VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Excursion Study to PT Mega Andalan Kalasan

“Menambah Wawasan Kompetensi pada Hospital Equipment Industry”

Ekskursi Prodi TINSaat ini di Indonesia, pembangunan rumah sakit semakin bertambah. Hal ini tentu saja menjadi ladang subur bagi para produsen hospital equipment, salah satunya adalah PT Mega Andalan Kalasan. Industri yang juga mempunyai anak perusahaan bernama PT Mega Andalalan Motor Industri ini merupakan satu yang terbesar di Indonesia untuk produsen hospital equipment. Produknya sudah merambah ke puluhan negara, termasuk negara adidaya seperti Jepang.

Pada senin, 3 April 2017, beberapa mahasiswa Teknik Industri  Universitas  Sahid Surakarta berkesempatan untuk ikut mempelajari dan melihat secara langsung proses produksi yang berjalan di PT Mega Andalan Kalasan. Berbagai produk yang menjadi properti rumah sakit, seperti  bed, kursi roda, dan keranjang bayi pun ditunjukkan.

Pengalaman yang luar biasa ketika mahasiswa dapat belajar langsung dan mengetahui apa saja ilmu yang dibutuhkan dalam industri tersebut. Di sela-sela kunjungan, Pak Gunawan selaku pemandu dalam kunjungan industri tersebut mengatakan bahwa “ saat ini kebanyakan perguruan tinggi melupakan aspek kompetensi mahasiswa, padahal itu yang sebenarnya dibutuhkan” .

Memasuki era MEA, industri di Indonesia lebih membutuhkan  orang-orang yang berpengalaman, punya keahlian, lulus uji kompetensi dan mendapat sertifikat kompetensi. Bukan hanya sekedar memiliki ijasah sarjana atau SMK. Akan tetapi, bukan berarti sekolah/ kuliah tidak memiliki peran apapun. Perguruan tinggi dapat menjadi  sarana penghubung bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan dan jauh lebih baik lagi apabila kempetensi itu disertai sertifikat kompetensi.