VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Usahid Gelar Kelas Bahasa Arab Gratis untuk Umum

Universitas Sahid Surakarta (Usahid) menggelar kelas bahasa Arab gratis terbuka untuk masyarakat umum, dan tidak terbatas pada agama tertentu (Islam). Kelas bahasa Arab ini digelar setiap hari Jumat mulai pukul 09.00 WIB di ruang 309. Kelas bahasa Arab gratis ini sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Bahasa Arab sendiri termasuk salah satu dari lima bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa resmi Persatuan Bangsa –Bangsa (PBB) disamping bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Spanyol dan Rusia. Sebagai pengajar kelas bahasa ini adalah Rosanah S.S, M.I.Kom, dosen sekaligus Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Usahid. Rosanah memiliki kompetensi dalam bidang ini mengingat gelar sarjananya diraih dari Jurusan Bahasa  dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Kelas bahasa Arab gratis ini mendapat sambutan positif dari peserta. Reni Ariastuti, salah satu peserta mengatakan sangat senang dengan adanya kelas gratis ini karena dapat membantunya dalam memahami isi Al-quran dan hadits. “Jadi selama ini kalau membaca Al-quran kan sekadar membaca, tidak tahu artinya kalau tidak dengan membaca terjemahannya. Nah sekarang dengan belajar bahasa Arab ini saya berharap bisa memahami kitab suci dengan lebih baik,” jelasnya.

Pengakuan senada dikemukakan Widya Kartika. Ia menegaskan ikut kelas bahasa Arab ini sangat bermanfaat di kancah dunia internasional. “Jadi kalau pergi umrah atau naik haji setidaknya kita bisa berkomunikasi dengan warga lokal di sana. Kalau kursus kan mahal, nah ini ada gratis mengapa tidak dimanfaatkan dengan baik.” Tandas perempuan yang biasa disapa Ira itu.  (erwin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *