VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

 Program Studi: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

AKREDITASI     : B

No. Akreditasi: 014/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011

 

PROFIL

Apa Itu Desain Komunikasi Visual?

Dewasa ini, sering terdengar istilah Desain Komunikasi Visual (DKV), atau DESKOMVIS dalam keseharian kita. Sebenarnya, DKV merupakan perkembangan dari seni reklame dan desain grafis. Pengertian DKV adalah perancangan bahasa visual mengenai pengungkapan ide atau pesan yang disampaikan melalui bentuk-bentuk visual kepada penerima pesan (target audience). Bentuk visual tersebut diantaranya adalah gambar, simbol, lambang, warna, ilustrasi dan seni menulis (typography), dll. Proses penyampaian pesan visual akan disampaikan kepada penerima pesan dengan komunikatif, kreatif-inovatif, efektif, dan efisien melalui berbagai bentuk media untuk tujuan tertentu.

VISI
Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual Pilihan yang sanggup memenuhi dan mengikuti perubahan-perubahan cepat dari kebutuhan masyarakat baik regional maupun global.
MISI
Membentuk dan menghasilkan lulusan berkompetensi baik dan menjadi pembelajar mandiri, terampil secara mendasar untuk merencanakan, menganalisis dan mengendalikan persoalan-persoalan fisik yang berkaitan dengan pembangunan industri jasa desain komunikasi visual yang berwawasan lingkungan dan perkembangan ipteks.

Mengapa Harus Memilih DKV USAHID ?

 

PROFIL DKV USAHID SURAKARTA

DKV USAHID program studi S1 merupakan yang ada satu-satunya di Kota Solo untuk universitas Swasta. DKV USAHID memperoleh Akreditasi peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Untuk periode 2011-2016 dengan No. Akreditasi 014/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011.

Jurusan DKV USAHID selain mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengasah ide kreatifnya, DKV USAHID juga selalu up to date dalam memberikan pembekalan ilmu yang sesuai dengan tuntutan industry serta dinamika sosial.

Selain itu juga di USAHID sendiri, termasuk jurusan DKV juga menyediakan program yang mengasah kecerdasan interpesonal dan spiritual seperti:
–  Orientasi kampus, tutorial
–  Camp Jurusan
–  Kegiatan berorganisasi lewat Badan Eksekutif Mahasiswa DKV (BEM DKV)
–  Seminar, kuliah tamu, workshop, lomba, dan pameran
–  Service Learning

Adanya mata kuliah kerja profesi atau kerja praktek, mahasiswa dapat langsung mengenal dan merasakan dunia kerja yang sesungguhnya.

Dalam kesehariannya, proses kegiatan belajar-mengajar dilakukan dengan gembira dan menyenangkan. Maka tidak heran jika hubungan yang kompak, saling terbuka antara mahasiswa dengan pihak jurusan maupun dengan alumni dapat terjalin dengan baik dan menimbulkan rasa nyaman antar civitas.

KEUNGGULAN DKV USAHID :

  • Sudah terakreditasi BAN PT dengan Nilai B
  • Materi ajar berbasis pada kurikulum yang dirancang menekankan kompetensi serta budaya lingkungan.
  • Tenaga pengajar bersertifikat “Pekerti dan AA, serta berstrata S2.

PROSPEK KERJA         :

Prospek Karir

Sarjana Jurusan Desain Komunikasi Visual nantinya memiliki kemampuan bekerja dalam lingkup: agensi periklanan, rumah produksi, perancang layout, pengarah grafis, ilustrator, komikus, industri penerbitan dan percetakan, animator, industri multimedia, fotografer, dll. Aplikasi pekerjaan seorang desainer komunikasi visual antara lain: iklan, media promosi, kemasan, logo, sign system, corporate identity, majalah, koran, komik, poster, video klip, film, animasi, web design, dan masih banyak lagi.
Professional Prospects
• Graphic Designer, Packaging Designer
• Illustrator, Comic Artist, Concept Artist
• Careers in the Gaming industry
• Careers in Printing and Publishing industries
• Commercial Photographer, Digital Imaging Artist
• Art Director, Creative Director
• Careers in the Advertising and Media industries
• Animator, 3D Artist, Film Maker, Web Designer, Interactive Media Expert
• Careers in Production House industries

FASILITAS        :

–  Laboratorium Komputer Dasar        – Laboratorium Komputer grafis

–  Laboratorium Multimedia                – Laboratorium Gambar

–  Laboratorium Fotografi                    – Laboratorium Audio Visual

–  Galery