VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Visi Program Studi

Visi Program Studi S1 DKV USS adalah pada tahun 2023 mewujudkan Program Studi S1 DKV sebagai rujukan ipteks bidang DKV di tingkat nasional.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi memadai di bidang disain komunikasi visual.
  2. Menyelenggarakan penelitian khususnya di bidang disain komunikasi visual dalam rangka mengembangkan disiplin perancangan.
  3. Menyelenggarakan layanan kepada masyarakat khususnya di bidang disain komunikasi visual guna memberikan pemahaman serta apresiasi tentang disain.

Tujuan Program Studi

  1. berkemampuan akademik di bidang DKV, yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral Pancasila, berbudi pekerti luhur; dengan kualitas yang memadai sehingga mampu bersaing di tingkat nasional, regional, maupun global;
  2. berkemampuan dalam IPTekS khususnya di bidang DKV yang bersifat atau belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya sesuai dengan kebutuhan perkembangan masyarakat;
  3. berkemampuan mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaan dan mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan yang dimiliki; dan
  4. mampu membuat, mengembangkan, dan merawat secara professional bidang-bidang deskomvis khususnya dan sesuai dengan kehalian yang dimiliki.
  5. memiliki kepribadian dan menjunjung tinggi budaya Indonesia serta tanggap terhadap kejala perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
  6. memiliki kemampuan akademik dan profesional tinggi dalam bidang desain khususnya DKV sehingga dapat mewujudkannya secara diskriptif maupun visual.

PROSPEK KERJA         :

Prospek Karir

Sarjana Jurusan Desain Komunikasi Visual nantinya memiliki kemampuan bekerja dalam lingkup: agensi periklanan, rumah produksi, perancang layout, pengarah grafis, ilustrator, komikus, industri penerbitan dan percetakan, animator, industri multimedia, fotografer, dll. Aplikasi pekerjaan seorang desainer komunikasi visual antara lain: iklan, media promosi, kemasan, logo, sign system, corporate identity, majalah, koran, komik, poster, video klip, film, animasi, web design, dan masih banyak lagi.
Professional Prospects
• Graphic Designer, Packaging Designer
• Illustrator, Comic Artist, Concept Artist
• Careers in the Gaming industry
• Careers in Printing and Publishing industries
• Commercial Photographer, Digital Imaging Artist
• Art Director, Creative Director
• Careers in the Advertising and Media industries
• Animator, 3D Artist, Film Maker, Web Designer, Interactive Media Expert
• Careers in Production House industries