VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Sejarah

 

Prof. DR. Sukamdani Sahid Gitosardjono dan Ibu Juliah Sukamdani

 

 

Universitas Sahid Surakarta merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh dan bernaung di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Universitas Sahid Surakarta (USS) didirikan atas saran dan ide Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S Gitosardjono yang memberikan arahan untuk memekarkan Akademi Pariwisata Sahid (AKPAR SAHID). Wujud dukungan dan restu dari Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S Gitosardjono sebagai Ketua Dewan Pendiri dan Pembina Yayasan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya adalah dengan diterbitkannya SK pendirian Universitas Sahid Surakarta (USS) No : 044/KPP – YSJ/Kpts/VIII/2001 tertanggal 30 Agustus 2001. Dalam perjalanan pengurusan ijin tersebut akhirnya mendapatkan ijin resmi berdirinya USS oleh Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002. Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya sangat peduli dan peka terhadap kehidupan masyarakat terutama kesehatan, sehingga USS membuka Program Studi Ilmu Keperawatan dan mendapat ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan dari Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor : 3851/D/T/2004. Pada tahun 2010 USS menyelenggarakan Program Studi Profesi Ners dan telah memiliki ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Profesi NERS dari Menteri Pendidikan Nasional Nomor :75/D/O/2010 tanggal 9 Juni 2010. Selain itu, pentingnya riset akan penemuan obat baru, pengembangan obat-obatan yang telah ada di pasaran dalam rangka memperbaiki kualitas produk masih sangat diperlukan industri farmasi. Hal ini mendorong USS untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Farmasi. Pada tanggal 19 Januari 2017, USS mendapat izin pembukaan Program Studi Farmasi program sarjana dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45/KPT/I/2017.

            USS telah mempunyai 4 (empat) fakultas dengan 10 (sepuluh) program studi. Dalam upaya penjaminan program studi secara eksternal, semua Program Studi di USS telah memperoleh peringkat akreditasi . Selain itu, USS sudah memperoleh akreditasi Insituti Perguruan Tinggi (AIPT)  dengan No SK akreditasi 1097/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2015

.