VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Prodi Ilmu Komunikasi USS Gelar Sharing Knowledge of Public Relation dengan PT KAI

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta menggelar sharing of knowledge of  public relationdengan menghadirkan praktisi dari bidang kehumasan, Vice President Corporate Communications PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek, Eva Chairunisa, Kamis 24 Agustus 2017. Tema diangkat “Strategi dan Inovasi Public Relation (PR)  di Era Digital : Memantik Kreativitas di Masa Krisis. Eva yang juga peraih platinum di ajang PR Indonesia Award 2017 the Best Corporate Communications Program  Kategori perusahaan Swasta Nasional ini menegaskan PR memiliki peran sangat vital dalam pengembangan suatu institus atau organisasi. PR menjadi salah satu kunci suatu organisasi dikenal atau tidak oleh masyarakat. Tugas PR tak berhenti di situ namun harus mampu menciptakan kepercayaan publik atau masyarakat  terhadap institusi tempat ia bernaung. Contoh untuk PT KAI maka peran PR juga harus turut mampu menumbuhkan, mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk terus menggunakan jasa PT Kereta Api Indonesia. Perkembangan tehnologi di bidang komunikasi turut membuat PR menyesuaikan program-program dimiliki. Program tak hanya diperuntukkan bagi publik luar PT KAI namun juga untuk internal PT KAI.  Persoalannya adalah ketika muncul kabar tidak baik maka cara menyikapinya adalah tidak dengan diam atau menghindari kejaran media massa. Justru, PR harus dapat memanfaatkan situasi dengan mengoptimalkan alat-alat dimiliki sehingga yang kepercayaan publik tidak jatuh. Cara mengelola kepercayaan publik (managing trust) adalah dengan selalu memberikan informasi terkini tentang perusahaan, mau membuka jalur komunikasi lebih dahulu, mudah dihubungi dan bersedia memberikan informasi termasuk memitigasi persoalan yang dapat menjadi potensi krisis PR. Selalu menjaga hubungan baik dengan stakeholder juga menjadi kunci dalam mengelola kepercayaan masyarakat.  Dalam bekerja PR dapat menggunakan apapun dan harus selalu mengikuti perkembangan terbaru termasuk tehnologi, mulai dari membuat website, iklan, pameran, workshop, membuat buku, press tourmerchandise untuk konsumen dan program-program lain untuk menjaga loyalitas konsumen. (Erwin K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *