VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Prodi Ikom USS dan Radar Solo Gelar Seminar dan Workshop Jurnalistik

Program Studi Ilmu Komunikasi dan Jawa Pos Radar Solo, Senin 16 Oktober menggelar seminar dan pelatihan jurnalistik. Acara ini juga turut diisi literasi perbankan dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Sudirman Surakarta. Seminar mengangkat tema “Integritas Media Online dan Media Cetak di Era Konvergensi”. Selaku narasumber adalah Wakil Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Solo, Tri Wahyu Cahyono, dan Dosen Bidang Jurnalistik Program Studi Ilmu Komunikasi USS, Erwin Kartinawati, S.Sos., M.I.Kom.

Wahyu, demikian Wakil Pimred Jawa Pos Radar Solo biasa dipanggil memaparkan situasi media massa saat ini khususnya media cetak pasca boom internet. Karena itu, untuk terus bertahan atau tidak mati maka media cetak memang mau tidak mau harus berkonvergensi dengan memanfaatkan internet, sehingga konten media cetak dapat juga dinikmati secara online. Para mahasiswa khususnya generasi muda didorong untuk dapat memanfaatkan kecanggihan tehnologi di era digital ini dengan ikut memberikan sumbangsih konten positif, sehingga dapat mendatangkan aspek manfaat lebih tak hanya bagi diri sendiri namun juga masyarakat. Untuk dapat menghasilkan konten yang dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, Wahyu menambahkan perihal hal-hal yang dapat digunakan sebagai dasar sesuatu dapat diangkat menjadi berita, misalnya memiliki nilai penting, menyangkut hajat hidup orang banyak, unik, baru, menyentuh perasaan, dan lain sebagainya.

Menambahkan penjelasan Wahyu, Erwin memberikan contoh pemanfaatan era digital untuk meningkatkan kreativitas dan optimalisasi diri para mahasiswa. Salah satunya adalah dengan menjadi jurnalis warga atau citizen journalist. Erwin menjelaskan banyak media yang kini menyediakan slot khusus untuk menampung tulisan/berita kiriman warga. Tak hanya dapat sebagai ajang promosi gratis namun sebagian media juga memberikan imbalan tertentu bagi konten yang dimuat/tayang. Beberapa Youtubers Indonesia dengan penghasilan bulanan menggiurkan, juga disebut untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa tentang cara memanfaatkan kecanggihan tehnologi untuk hal positif.

Acara ditutup dengan penandatanganan kerjasama antara Program Studi Ilmu Komunikasi USS dengan Jawa Pos Radar Solo. Tandatangan dilakukan oleh Manager Iklan Joko Mulyono mewakili  General Manager Radar Solo, Ananto Priyatno dan Kaprodi Ilmu Komunikasi USS, Rosanah, SS.M.I.Kom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *