VISI USS : Menjadi Universitas Unggul di Jawa Tengah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2020.

Dua Guru Besar Isi Kuliah Umum Mahasiswa Baru

 

 

 

 

 

Dua guru besar yakni Prof. Dr. Sahid Teguh Widodo dan Prof. Dr. Kohar Sulistyadi, MSIE menjadi pembicara utama dalam kuliah umum mahasiswa baru Universitas Sahid Surakarta (USS), Jumat 15 September 2017, di lantai empat Grha Sarjana USS. Prof. Dr. Sahid Teguh Widodo merupakan Guru Besar Onomastika Universitas Sebelas Maret Surakarta, sedangkan Prof. Dr. Kohar Sulistyadi, MSIE merupakan guru besar di Universitas Sahid Jakarta sekaligus mantan Rektor USS.  Prof. Kohar memberikan semangat kepada mahasiswa baru sesuai semangat diusung USS sebagai kampus kewirausahaan, dengan memberikan tema tentang bagaimana menjadi sarjana yang berjiwa wirausaha.

Wirausaha menurutnya adalah orang yang mampu mengubah segala sesuatu menjadi memiliki nilai. Ia mampu meraih keuntungan namun tetap memiliki perhitungan perihal risiko. Jiwa kewirausahaan harus dimiliki oleh setiap mahasiswa USS karena kewirausahaan bukan semata persoalan urusan kecerdasan akademis maupun mampu menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna, tetapi jiwa yang dinamis dalam menangkap tantangan menjadi peluang tersendiri. Karena itu jiwa kewirausahaan penting untuk ditanamkan dalam diri setiap mahasiswa USS karena dengan jiwa tersebut maka semua mahasiswa baik dalam kurun berjalan maupun setelah lulus kuliah, mampu menjadi inovator sekaligus perencana. Dengan kemampuan itu maka seseorang akan mampu melihat, membaca dan menilai peluang serta mengelola sumber daya dibutuhkan mengambil keputusan secara cepat dan tepat, untuk meraih kesuksesan.

Dengan semangat kewirausahaan yang ditanamkan kepada setiap mahasiswa USS, secara tidak langsung USS telah memberikan kontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran, menciptakan pembangunan sosial, menciptakan generasi mandiri, disiplin, jujur, tekun dalam menghadapi pekerjaan dan hambatan, mampu memberi contoh bagi orang lain tentang bagaimana bekerja keras, berfikir cerdas dan menyelesaikan hal dengan tuntas. Selain itu juga mengajari perihal hidup secara efisien, tidak berfoya-foya dan tidak boros.

Sementara itu Prof. Sahid memberikan motivasi perihal bagaimana menjadi seorang pemenang yakni melalui transformasi pikiran. Usaha adalah kunci utama kesuksesan. Untuk menujunya dibutuhkan kegigihan sehingga tidak ada istilah jalan pintas. Tips yang diberikan Prof. Sahid dihadapan ratusan mahasiswa baru ini yakni dengan (1) menjaga dan memupuk iman, (2) jujur, profesional dan inovatif, (3) berkepribadian dan komunikatif; (4) berani, percaya diri, ulet; (5) optimis dan berpikir positif; (6) berderma. (Erwin K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *