Tidak bisa dipungkiri, saat ini dunia usaha sudah didominasi oleh digitalisasi. Salah satu bisnis yang sangat berkembang pada era ini dan berpotensi menghasilkan keuntungan besar adalah startup. Oleh karena itu, generasi milenial perlu memahami apa itu startup, bagaimana memulai usaha ini, serta apa tantangan dan strategi pengembangannya. Prodi Teknik Industri Universitas Sahid Surakarta berinisiatif mengadakan seminar yang membahas tema tersebut secara tuntas. Seminar diselenggarakan pada Selasa, 26 November 2019 di Ruang Graha Sarjana Universitas Sahid Surakarta.

Seminar regional dengan pembahasan utama tentang Industri startup ini mengundang dua pembicara, yaitu Yudhis Thiro Kabul Yunior, pemenang Startup Ecosystem Australia Awards 2019 dan Aditya Kundhala Jagat Asmara, selaku city lead Grab Soloraya. Kedua pembicara tersebut dihadirkan dengan tujuan utama memberikan motivasi kepada peserta untuk menjadi pengusaha profesional yang sejalan dengan arus teknologi.

Ada macam-macam startup. Yang perlu kita lakukan pertama adalah menemukan passion kita ada dimana“, tegas Yudhis. Selain mengetahui passion, kita harus mengetahui apa kebutuhan konsumen sehingga startup yang kita bangun menjadi penting untuk digunakan. Lanjut Yudhis, adanya kompetitor menunjukkan bahwa produk kita memang benar-benar dibutuhkan sehingga jangan bangga jika kita tidak memiliki kompetitor. Pembicara kedua selaku city lead Grab Soloraya tidak kalah menarik. Aditya mengungkapkan bahwa Grab telah berkembang pesat sejak pertama kali masuk wilayah soloraya pada 2017. Grab sebagai startup unicorn yang besar saat ini selalu mengikuti kebijakan pemerintah tentang strategi harga.

Kami selalu mengikuti batas harga yang ditetapkan pemerintah “, tegas Aditya. Hal yang terus dikembangkan oleh Grab adalah menambah fitur-fitur yang dibutuhkan konsumen serta mencari strategi promo yang menarik bagi pengguna. “Jika kita hanya berlomba menurunkan harga, maka yang paling dirugikan adalah mitra/investor”, tambah Aditya. Oleh karena itu, berbicara tentang industri startup tidak hanya membahas tentang coding atau website tetapi lebih dari itu, diperlukan strategi marketing dan networking yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *